-->

Dahsyatnya Strategi Can Slim, Metode Investasi Saham Dr William J O’Neil - by Ellen May

canslim
William J O'Neil adalah pendiri harian bisnis ternama di AS, Investor's Business Daily dan penulis buku How to Make Money In Stocks. Dalam bukunya O'Neil mengajarkan sebuah metode investasi saham yang diberi nama Can Slim yang juga sering Ellen May gunakan dalam trading saham. Metode Can Slim sangat populer di kalangan trader dan investor saham. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Can Slim ya? Slim identik dengan langsing yang sehat ! Strategi CanSlim menggabungkan Fundamental dan Teknikal untuk menciptakan portofolio yang cantik dan sehat!

Strategi Can Slim dikembangkan dari riset 500 saham yang berkinerja sangat bagus / winning stocks selama 4 dekade di AS sejak 1953. Metode Can Slim berguna untuk mencari saham istimewa sebelum harganya melejit. William J O'Neil berhasil mengubah $5000 menjadi $200.000 dalam 1 tahun dengan metode Can Slim melalui investasi saham di AS. AAII catat antara Januari 1998-Desember 2008, portofolio yang disusun dengan CanSlim memberi pertumbuhan jauh lebih tinggi dari indeks S&P 500. AAII itu American Association of Individual Investor :p (ga penting utk dihafalkan, cukup dimengerti). Bahkan metode Can Slim dapat membawa David Ryan menjadi juara kompetisi investasi di US sebanyak 3 kali!

Apa sih Can Slim itu ? CAN SLIM tak lain adalah akronim dari ciri-ciri saham pemenang menurut studi William J O'Neil. C artinya CURRENT quarterly earning per share atau EPS. EPS kuartal terkini minimal harus naik 20%. A artinya adalah ANNUAL earning per share. EPS tahunan harus memberi pertumbuhan yang signifikan selama 5 tahun terakhir. N artinya adalah NEW! New manajemennya, produknya, ekspansinya, tidak stagnan. Yang terpenting:saat harga sentuh level New High! Harga yang New High artinya : harga saham tersebut melampaui harga tertinggi yang pernah ia capai sejak terdaftar di bursa.

S dalam Can Slim artinya SHARES of common stock outstanding. Apa maksudnya ? Artinya,cari saham yang volume transaksi meningkat mengikuti harga yang bergerak naik. Jangan pilih perusahaan dengan saham yang beredar tidak terlalu besar. Hal ini akan membuat saham tersebut kurang likuid. L dalam metode Can Slim artinya LEADER / Laggard. Artinya : pilih saham yang menjadi leader / pemimpin dalam sektornya ! Untuk investasi, hindari perusahaan yang menjadi followers dalam sebuah sektor. "I" dalam Can Slim artinya Institutional sponsorhip. Beli saham yang juga dibeli beberapa investor institusi yang kinerjanya bagus. Hal ini menarik dan penting, Investor institusi yang dimaksud tak lain adalah reksadana, asuransi dan pengelola dana pensiun. Caranya bagaimana ? Sesekali mampir ke bank penjual reksadana "intip" portofolio reksadana berkinerja bagus. "M" dalam Can Slim berarti : MARKET trends --> artinya, berinvestasi sesuai trend market! Beli hanya ketika Uptrend untuk investor. Investasi (jangka panjang) beda dengan trading (jangka pendek). Traders lebih fleksibel, karena lebih "lincah" beli dan jual.

Metode Can Slim cukup akurat dan unggul dibanding metode lain karena dikembangkan dari riset jangka panjang terhadap saham berkinerja istimewa. Metode Can Slim menarik karena memadukan strategi fundamental dan teknikal untuk investasi saham.

Disadur dari Kultwit tentang Dahsyatnya Strategi Can Slim, Metode Investasi Saham Dr William J O’Neil oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/7477
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 5:56 PM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas