-->

Belajar Saham, Bagaimana Menjadi Seorang Trading Follower Yang Tepat

belajar saham
Apa yang biasanya dilakukan oleh orang ketika harga saham turun ? Ketika harga saham turun kebanyakan orang akan panik dan menjual, dan takut membeli saham. Sebaliknya, apa yang biasanya dilakukan orang ketika harga saham naik ? Ketika harga saham naik, kebayakan pelaku pasar akan cenderung serakah dan terus ingin membeli saham. Kecenderungan pelaku pasar yang takut saat harga saham turun, dan tamak saat harga saham naik membentuk trend pasar. Ketika trend harga saham turun, dan mayoritas orang panik, sebenarnya ketika itu sedang terjadi diskon besar-besaran. 

Value investor, buy on weakness, adalah istilah bagi para contrarian atau minoritas yang memborong saham saat yang lain panik. Menjadi seorang contrarian tidak mudah karena di saat yang lain panik, maka seorang value investor harus menutup telinga. Seorang contrarian bukan hanya seorang value investor, trader yang melakukan buy on weakness juga termasuk contrarian. Ingat pepatah, hanya ikan mati yang mengikuti arus air. Ikan hidup berenang melawan arus air. Jangan hanya mendengar atau mengikuti apa kata orang, apalagi jika yang menjadi contoh lebih dari satu orang. 

Jika kita ingin mengikuti rekomendasi seseorang trader / investor, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Apa saja ya? Jika ingin mengikuti rekomendasi orang lain, pilih “model” yang cocok dengan diri Kita. Jika ingin mengikuti rekomendasi orang lain, kenali dulu timeframe apa yang ia pakai. Jangan sampai ketika kita mengikuti rekomendasi seseorang, timeframe yang ia pakai tahunan, sementara kita terapkan untuk trading. Salah pemahaman akan rentang waktu / timeframe berinvestasi / trading bisa berakibat fatal. Ketika kita mengikuti rekomendasi investasi /trading dari orang lain, ibarat bayi yang sedang belajar berjalan dan digandeng. Ketika mengikuti rekomendasi dari seseorang, pelajari pula bagaimana strategi yang dipakai, dan berusahalah untuk mandiri. Seorang bayi tidak selamanya digendong/digandeng, ada saatnya ia akan mandiri.Demikian pula dengan investor. Sangat penting untuk mempersiapkan midset yang benar sebelum melakukan trading saham / investasi.

Disadur dari Kultwit tentang Belajar Saham, Bagaimana Menjadi Seorang Trading Follower Yang Tepat oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/22535

Sangat di rekomendasikan untuk membaca buku "Smart Traders Not Gamblers" yang ditulis oleh Ellen May guna belajar lebih lanjut mengenai cara investasi saham yang baik dan benar.
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 10:46 AM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas