-->

Saat Yang Tepat Menjual Logam Mulia

logam mulia
Saat yang tepat menjual logam mulia - Dalam investasi logam mulia seperti emas dan silver, kita mengenal ada 2 jenis investor, yaitu investor jangka panjang dan investor jangka pendek. Nah, mungkin semua memahami jika investasi logam mulia untuk jangka panjang lah yang lebih berpeluang untuk mendapatkan profit. Sedangkan untuk investasi logam mulia jangka pendek sangat susah untuk bisa menghasilkan profit. Namun tidak dipungkiri bahwa para investor logam mulia jangka pendek tetap bisa meraih profit yang diinginkan.

Bagi investor logam mulia jangka panjang yaitu investor yang berinvestasi dengan rentang waktu tahunan (dan bahkan ada yang sampai 10 tahun), saat yang tepat untuk menjual emas/perak adalah ketika siklus emas atau perak mencapai puncaknya dan mengalami penurunan, yaitu pada saat terjadi krisis. Apa akan terjadi krisis lagi? Kapan ya? Harry S Dent, Jr. dalam bukunya "The Greatest Depression Ahead" memperkirakan/memprediksi bahwa sekitar tahun 2012 hingga 2013 akan terjadi sebuah krisis.

Nah, apabila krisis akan terjadi seperti yang diperkirakan oleh Harry S Dent, Jr. tersebut, maka tetap saja keputusan untuk menjual emas atau silver batangan akan sangat tergantung pada apa yang terjadi di dunia, antara lain :
- Apakah Amerika atau  negara penghasil perak dalam keadaan perang ? 
- Apakah perekonomian kita terkunci dalam spiral deflasi, atau kita terjebak dalam hyper-inflasi?
- Apakah terbentuk black market ?
- Jika mata uang telah menjadi tidak berharga, apakah layak jika dibarter dengan perak dan emas?

Dalam catatan sejarah, sistem moneter selalu berubah drastis setiap 40 tahun (seperti dalam buku Harry S Dent, Jr), meskipun tanpa adanya sebuah perang maupun bencana alam, sistem moneter yang ada akan berubah pada akhirnya.

Yang perlu kita perhatikan adalah bahwa politik dan kebijakan moneter sedang mengarah dengan cara yang sama, selama dua dekade terakhir, yaitu, pemborosan fiskal dan ketidak mampuan meredam chaos / kekacauan.Sampai pada akhirnya pemerintah memilih untuk disiplin atau pasar yang akan memaksanya. Seperti yang kita semua ketahui, logam mulia adalah satu-satunnya jenis aset yang akan membuat kita tetap terlindungi dan memberikan kita kesempatan yang spektakuler untuk mencetak keuntungan. Sampai keadaan krisis terjadi, maka kita harus tetap menahannya sepanjang trend emas atau silver masih tetap naik.

Sebenarnya, tidak disarankan seorang trader untuk melakukan trading jangka pendek emas atau perak batangan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika seorang trader jangka pendek/investor jangka pendek (investor bulanan hingga beberapa tahun) yang ingin mendapatkan profit dari investasi emas atau perak batangan tetap meraih untung, yaitu dengan melakukan profit taking ketika value/nilanya telah mencapai/seharga dengan apa yang diinginkan oleh seseorang (berkaitan dengan gaya hidup).

Disadur dari tulisan Ellen May di www.ellen-may.com tentang Kapan Saatnya Menjual Logam Mulia ?
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 5:34 PM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas