-->

Cara Perusahaan Melakukan Ekspansi (Memperluas Usaha)

ekspansi perusahaan
Sering kali kita mendengar kata ekspansi perusahaan. Nah, sebenarnya apa saja yang dilakukan sebuah perusahaan untuk berekspansi? Sebelum kita bahas tentang bagaimana cara yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk berekspansi, perlu kita ketahui apa sebenarnya tujuan ekspansi perusahaan tersebut. Ekspansi adalah tindakan aktif yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperluas dan mengembangkan usaha yang telah ada. Ekspansi diperlukan oleh suatu perusahaan untuk lebih efisien dan lebih kompetitif serta untuk meningkatkan laba perusahaan. Nah, untuk melakukan ekspansi, sebuah perusahaan memiliki beberapa cara atau metode. Yaitu, antara lain :

- Merger
Merger adalah penggabungan dari 2 atau lebih perusahaan menjadi kesatuan yang terpadu. Perusahaan yang melakukan merger, biasanya perusahaan yang dominan, tetap akan mempertahankan identitasnya. Ketika melakukan merger, perusahaan yang lemah akan mengaburkan identitas yang dimilikinya. Untuk merger sendiri ada beberapa jenis, antara lain :
1. Merger vertikal -  yaitu perusahaan yang masih dalam 1 industri tapi berbeda tingkat operasional. Contoh merger vertikal adalah : restoran cepat saji melakukan merger dengan peternakan ayam.
2. Merger Horizontal - yaitu perusahaan dalam 1 industri membeli perushahaan yang sama. Contoh merger horizontal adalah : perusahaan komputer merger dengan perusahaan komputer.
3. Merger Konglomerasi - dalam merger ini tidak ada hubungannya pada jenis industri. Merger konglomerasi bertujuan untuk peningkatan profit perushahaan dari berbagai sumber. Contoh merger konglomerasi adalah : perusahaan obat merger dengan perusahaan operator seluler. 

- Akuisisi
Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain. Akuisisi, selain untuk mengembangkan perusahaan, seringkali juga untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku. Contoh akusisi adalah Aqua yang diakuisisi oleh Danone, Pizza Hut diakuisisi oleh Coca-Cola, dan lain-lain.

- Hostile Take Over (HTO)
Hostile Take Over adalah sebuah jenis ekspansi yang lebih dikenal dengan pengambil alihan secara paksa. HTO dilakukan dengan membuka penawaran atas saham perusahaan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar. Hostile take over diwarnai dengan pemecatan karyawan dan manajer untuk diganti dengan orang baru. Penggantian manajemen pada hostile take over bertujuan untuk melakukan efisiensi pada operasional perusahaan.

- Leverage Buyout
Leverage buy out adalah teknik penguasaan perusahaan dengan metode pinjaman (utang) untuk membeli perusahaan lain. Sebagai contoh ekspansi PT Kimia Farma Tbk. akan berekspansi dengan membangun 5 unit rumah sakit dalam 5 tahun ke depan. Untuk merealisasikan proyek tersebut, Kimia Farma telah menghitung kebutuhan dana sebesar Rp 1 triliun. Kota yang dituju oleh Kimia Farma untuk berekspansi yaitu Jakarta, Ujung Pandang, Surabaya, Bandung, Semarang dan Medan. Harapan dengan adanya beberapa rumah sakit ini, akan berimbas pada kenaikan pendapatan sektor Industri obat. 

Disadur dari Kultwit tentang Cara Perusahaan Melakukan Ekspansi oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/33485
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 3:02 AM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas