-->

Pemerintah Terbitkan Surat Utang Syariah (Sukuk)

sukuk global
Direncanakan Pemerintah akan menerbitkan surat utang syariah atau dikenal juga sebagai sukuk global dengan nilai 1 miliar dolar Amerika. Untuk imbal hasil yang ditawarkan mencapai 3,3 persen dengan tenor selama 10 tahun. Nah bagi yang berminat untuk berinvestasi sukuk, sukuk (surat utang syariah) ini akan diterbitkan pada hari Rabu 21 November 2012 nanti. Hal ini sesuai dengan yang di ungkapkan oleh Robert Pakpahan yang merupakan Direktur Jenderal Pengelilaan Utang, Kementerian Keuangan, pada hari ini (Senin, 19 November 2012), "Global sukuk sudah pricing tanggal 14 November. Size US$ 1 miliar dengan tenor 10 tahun, settlement 21 November dan kupon 3,3 persen,".

Selain berencana menerbitkan surat utang syariah tersebut, pemerintah juga telah menetapkan Samurai Bond RIJPY1122 dengan masa tenor selama 10 tahun, senilai 60 miliar yen pada tanggal 6 November 2012 lalu. Adapun tingkat kupon yang ditetapkan sebesar 1,13 persen dengan tanggal jatuh tempo 22 November 2022, yang akan diterbitkan pada tanggal 22 November 2012 nanti.

Transaksi ini merupakan bagian dari kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah RI guna memperluas basis investor di pasar keuangan Jepang. Adapun periode kupon yang tidak mendapat jaminan dalam transaksi ini adalah 6,5 tahun, dan ini lebih panjang dari transaksi yang dilakukan sebelumnya yaitu 4,5 tahun yang dilakukan pada November 2010 lalu. 

Robert Pakpahan menambahkan, bahwa nantinya pemerintah masih memperhitungkan untuk melakukan 2 lelang Surat Berharga Negara (SBN). Hal ini berkaitan dengan hampir terpenuhinya target pembiayaan negara.

Sumber : DetikFinance.com
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 12:09 PM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas