-->

5 Cara Mengurangi Pengeluaran Bulanan

menghemat pengeluaran bulanan
Banyak kebutuhan ina-inu yang kadangkala nggak terkontrol sama sekali. Sampai-sampai secara ga sadar kita selalu saja meratapi nasib menunggu hari gajian berikutnya, karena banyaknya pengeluaran bulanan yang ternyata hampir meludeskan pendapatan kita dari gaji bulanan yang kita terima. Nah, kalau kita tidak menggunakan cara cerdas untuk mengatur pengeluaran bulanan kita, pastinya setiap bulan kegiatan rutin kita ya cuma "meratapi nasib". Inilah yang terkadang menghambat kita untuk melakukan investasi atau menyisihkan pendapatan kita untuk menabung. Untuk itu, mau tidak mau kita perlu melakukan penghematan pengeluaran bulanan. Siapa sih yang ga pengen punya tabungan? Siapa hayo yang ga pengen punya simpanan investasi? Kita semua pasti sepakat ya, jika tabungan dan investasi sangatlah penting. Mengingat biaya kebutuhan hidup yang semakin mahal saja dari hari ke hari. Untuk itu harus kita persiapkan dari sekarang!!! Memang untuk melakukan penghematan pengeluaran bulanan, sangat berat untuk kita lakukan. Tapi bukan tidak mungkin untuk kita lakukan lo. Ada bebera cara sederhana untuk mengurangi pengeluaran bulanan kita.  Berikut ini 5 cara mengurangi pengeluaran bulanan, meskipun langkah ini sepele tapi bisa berdampak besar lo.

1. Penghematan Biaya Tagihan Listrik
Langkah sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Kita lakukan dengan membiasakan diri untuk tidak menyalakan AC apabila ruangan tidak digunakan. Tapi terkadang, yang susah kalau kita punya kebiasaan menyalakan AC kamar sesaat sebelum kita mau tidur dengan alasan biar ruangannya dingin dulu baru kita beranjak tidur. Nah lo, padahal kebiasaan seperti ini yang membuat tagihan listrik membengkak. Jadi hentikanlah kebiasaan ini! Oh iya, penggunaan pendingin ruangan, bisa kita siasati penghematannya dengan cara mengganti penggunaan AC dengan kipas angin, khususnya kalau pas cuaca lagi dingin seperti pas musim hujan ya. Tentunya ini akan mengurangi konsumsi listrik juga kan. 

Cara lainnya? Kita bisa melakukan penghematan listrik dengan cara mengurangi penggunaan mesin cuci. Pakai mesin cuci seminggu dua atau tiga kali saja. Jangan tiap hari!!! Kita tinggal di daerah tropis lo, jadi pengering pakaian di mesin cuci tidak seharusnya kita gunakan tiap hari bukan? karena ada sinar matahari yang bisa kita manfaatkan untuk mengeringkan pakaian kita. Kita bisa menyiasati penghematan listrik dari penggunaan mesin cuci dengan cara mencuci baju dari pagi (secara manual tentunya) jadi kita bisa memanfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan cucian kita. Lalu cara lain agar hemat listrik? Masih banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan. Yang jelas intinya adalah, gunakan listrik seperlunya saja. Matikan peralatan yang mengonsumsi listrik jika tidak digunakan, seperti lampu, mengisi baterai ponsel atau laptop, penggunaan hair dryer, oven, microwave, dll. Meskipun sederhana, tapi ini mampu menekan penggunaan listrik dan tentunya mampu mengurangi pengeluaran bulanan kita untuk biaya penggunaan listrik.

2. Pengehematan Pengeluaran Telepon Seluler
Untuk berhemat, kita bisa menggunakan layanan telepon seluler termurah di daerah kita. Hentikan langganan layanan operator yang memang sebenarnya tidak perlu. Nah, kita juga bisa mengurangi pengeluaran bulanan telepon seluler kita dengan cara tidak menggunakan layanan GPRS dari operator, kalau kita bisa memakai Wi-Fi untuk koneksi internet. Lalu, daripada menelpon, kita bisa lo memanfaatkan layanan Skype, BBM, Whats App untuk berkomunikasi. Tapi kira-kira kita bisa ga ya? Harus bisa dong!!!

3. Menggunakan "Single Provider"
Banyaknya perusahaan yang menawarkan internet, telepon dan layanan komunikasi lainnya dalam satu paket dan tentunya dengan penawaran berharga diskon. Kita bisa memanfaatkan ini, daripada kita menggunakan masing-masing layanan dengan beda provider. Kalau dihitung-hitung, siasat ini bisa menghemat biaya kita hingga 20% lo.

4. Hentikan Kebiasaan "Windows Shopping"
Buat kita yang suka jalan-jalan ke mall, pasar atau pusat perbelanjaan lainnya cuma sekedar untuk cuci mata atau lihat-lihat doang (windows shopping), sudah saatnyalah  kita tobat dan kembali ke jalan kebenaran, demi masa depan keuangan kita. Jadi, dari sekarang kalau kita pergi ke pusat perbelanjaan, memang karena ada sesuatu yang harus kita beli. Soalnya, terkadang niat awal kita cuma mau sekedar jalan-jalan saja tapi pada akhirnya sebelum pulang belanja juga deh. Inilah bahayanya windows shopping, karena seringnya kita terjebak untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan gara-gara kepincut sama produk yang dipajang di etalase. Harus tobat!!!

5. Mengurangi Penggunaan Kartu Kredit
Beli baju, tinggal gesek. Beli sepatu, tinggal gesek. Beli gadget terbaru, tinggal gesek. Beli kambing buat qurban, tinggal gesek (kayaknya ada ya), pokoknya semuanya tinggal gesek. Dan pokoknya enak kalau semua tinggal gesek ya. Nah lo, tapi kalo keenakan gesek sana gesek sini trus tagihannya yang bayar siapa? Dan selama ini apa kita sadar bahwa yang membuat pengeluaran karena penggunaan kartu kredit begitu besar karena pajak yang di bebankan ke kita itu besar? Kayaknya semua pada sadar ya, tapi karena enaknya gesek sana gesek sini makanya jadi lupa sama beban. Jadi, untuk hal satu ini, usahakan kita selalu menggunakan uang tunai untuk membayar semua pengeluaran kita. Ini bisa menghemat biaya pengeluaran sebesar 2,5% lo. Dan kalaupun harus menggunakan kartu kredit, kita usahan apply kartu kredit yang memberikan point reward dan batasi apply kartu kredit hanya untuk satu bank saja. Ini sangat penting untuk penghematan biaya tahunan kita.

Itulah 5 cara mengurangi pengeluaran bulanan yang bisa kita terapkan. Sebenarnya tidak terbatas hanya dengan 5 cara itu jika kita ingin melakukan penghematan pengeluaran bulanan kita, masih banyak langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menekan anggaran bulanan kita. Contoh: kita bisa mengurangi makan di luar, tidak membeli makanan ketika kulkas kita saja masih penuh isinya, kita ga perlu berlanggakan layanan koneksi internet dengan kecepatan dewa kalau pekerjaan kita bukanlah orang yang harus setiap hari menggunakan layanan internet. Intinya adalah, untuk memangkas pengeluaran setiap bulan, bisa dengan cara mengurangi beberapa kemewahan dalam hidup kita yang memang tidak kita butuhkan. Dan kalau kita tidak mau meratapi nasib setiap bulannya, maka rencanakan mulai dari sekarang!!!

"Happiness is not something you postpone for the future; it is something you design for the present." - Jim Rohn. 

Sumber : infojkt.com
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 11:33 AM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas