-->

Perubahan Jam Perdagangan Bursa Efek Indonesia

jam transaksi bursa efek indonesia
Bursa Efek Indonesia akan melakuka perubahan jam perdagangan di bursa. Jika hingga saat ini jam perdagangan bursa dimulai pada pukul 09.30 WIB, nantinya bursa saham Indonesia akan mulai buka dari jam 09.00 pagi. Perubahan jam transaksi ini akan dilkukan karena perlunya mengatur kewajaran pembentukan harga penutupan setiap hari bursa. Jam perdagangan saham akan dimajukan 30 menit untuk menyelaraskan waktu perdagangan dengan bursa di negara lain. Dengan demikian, diharapkan Bursa Efek tidak hanya menjadi “follower” dan dapat menjadi pilihan investasi oleh asing. Selain itu, kebijakan memajukan jam bursa 30 menit juga untuk memberi kenyamanan bagi para investor di Indonesia tengah dan Indonesia timur. 

Nah selain perubahan tersebut, juga ada perubahan lain yang dilakukan BEI terkait jam perdagangan, yaitu adanya pre closing. Jika saat ini di bursa hanya ada pre opening, maka nanti dalam bursa saham Indonesia akan ada pre closing. Pre Closing memiliki tujuan untuk meminimalkan “marking the close”. Selain itu, pre closing pada bursa saham juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pasar khususnya saat penutupan perdagangan/transaksi. Selain adanya perubahan jam dimulainya perdagangan dan adanya pre closing, bursa juga akan menerapkan post trading. Sesi pasca penutupan/post trading diperuntukkan bagi perdagangan bursa saham di pasar reguler. Sesi post trading ini bertujuan memberi kesempatan bagi nasabah untuk menutup/melengkapi posisi transaksinya.

Perubahan lainnya yang akan dilakukan oleh BEI adalah menyesuaikan ketentuan saham-saham yang dapat diperdagangkan pada sesi pre opening. Sistem baru di bursa ini akan diuji selama beberapa kali pada mock trading ataupun pada hari bursa dengan gladi resik akan dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 2013 nanti. Setelah diuji selama beberapa kali, mekanisme baru dalam perdagangan saham ini akan diterapkan pada tahun 2013. Perubahan jam transaksi bursa ini akan mulai efektif dilakukan pada tanggal 2 Januari 2013. 

Disadur dari Kultwit tentang Perubahan Jam Perdagangan Bursa Efek Indonesia oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/39527
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 2:51 PM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas