-->

Trading Saham Online Memerlukan Persiapan Matang

persiapan trading
Sebelum kita memulai untuk trading/berinvestasi, kita harus mengutamakan kebutuhan pokok kita seperti makan, kebutuhan sekolah anak kita, membayar cicilah hutang,dan lain-lain. Jangan pernah memaksakan diri kita untuk berinvestasi / trading saham , jika kita sendiri masih belum memiliki uang dingin / uang masih digunakan untuk kebutuhan. Namun, jangan terus-terusan beralasan tidak ada uang untuk investasi. 

Mulai sekarang berusaha untuk mengumpulkan uang agar kita bisa investasi saham. Pada saat trading dan investasi, sangat penting untuk membuat sebuah catatan / pembukuan yang rapi. Apa gunanya ? Karena dengan catatan / pembukuan yang rapi, kita akan mampu memantau kinerja transaksi trading kita dengan lebih disiplin. Jika perlu, kita buat grafik performa transaksi saham kita dari bulan ke bulah, dari tahun ke tahun. Jika catatan / pembukuan trading kita selalu menunjukkan kinerja buruk, lebih baik evaluasi dulu transaksi kita!

Margin dalam trading saham yang disediakan oleh sekuritas memberikan kita power lebih besar untuk trading, tapi yang perlu diperhatikan adalah, kita juga seharusnya lebih waspada! Sebaiknya kita memiliki dana cadangan sebesar transaksi margin yang kita gunakan sebagai antisipasi. Dalam trading cash ibarat darah, dan cashflow ibarat aliran darah. Cash is the king!. Dengan memiliki dana talangan sebesar margin yang diberikan oleh pihak sekutiras, artinya kita punya persiapan seandainya nanti ada kemungkinan buruk yang bakal terjadi.

Kesalahan fatal yang seringkali terjadi adalah, trader kurang hati-hati dalam memanfaatkan margin trading yang diberikan oleh pihak sekuritas. Karena margin trading saham ini sifatnya sangat spekulatif, jadi jika kita tidak yakin sebuah saham akan mengalami kenaikan harga, lebih baik jangan gunakan fasilitas margin ini. Sebab, seperti pedang bermata dua, dengan menggunakan margin trading kita bisa untung berlipat, tapi jika rugi? tentu saja ruginyapun bisa berlipat.

Untuk itu, atur dan persiapkan dengan matang rencana trading saham yang akan kita lakukan. Investasi saham, bisa memberikan untung yang besar namun jika kita salah strategi dan kurang persiapan, kerugian yang akan kita alami sudah barang tentu akan besar pula.  High risk high return investment! Dan dengan pola seperti yang telah dijelaskan diatas, diharapkan dapat meminimalisir kerugian dan memaksimalkan untung trading saham yang akan kita peroleh. Hal ini tidak cuma berlaku hanya pada investasi saham, tapi juga pada forex trading, dan komoditas, baik trading online maupun trading secara konvensional.

Disadur dari Kultwit tentang Trading Saham Online Memerlukan Persiapan Matang oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/51074
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 1:03 AM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas