-->

Tips Saham - Follow The Trend

tips saham - follow the trend
Mungkin ada yang pernah bertanya "mengapa saham yang mau dipilih harganya sudah banyak naik? Jawaban: Ya jelas saja, kan follow the trend. Maksudnya apa ya? Karena di bursa kita hanya bisa melakukan buy/beli dan tidak bisa short, maka yang kita lakukan adalah mencari dan mengikuti trend naik. Dan seperti yang kita tahu, saat ini bursa kita sedang mengalami trend naik yang sangat luar biasa. Banyak kesempatan yang bermunculan saat ini untuk menggali keuntungan di jangka pendek hingga jangka menengah. Sekali lagi, jika kita menggunakan strategi mengikuti trend yang sedang berjalan, maka harus ada trend yang mendahului yang bisa diikuti. 

Nah jika kita mengikuti trend naik sebuah saham, maka harus didahului oleh kenaikan harga saham yang bersangkutan. Tidak mungkin kita mengatakan "follow the uptrend”, namun yang terjadi sebelumnya saham itu turun terus. Apanya yang difollow? Prinsip dasar trading dan analisis teknikal itu sederhana. Follow the uptrend untuk membeli saham. Maka, carilah trend naik. Carilah saham-saham yang didahului dengan kenaikan (secara teknikal membentuk higher high, higher low dan syarat lain). Cari saham yang uptrend, beli , simpan, dan jual ketika trend patah. Mudah dan sederhana! Namun yang seringkali terjadi, orang selalu bertanya : kenapa saya telat membeli..? ah harusnya saya membeli ketika saham itu belum naik.

Tidak ada seorang pun yang bisa mengetahui kapan sebuah saham akan naik tanpa ada sinyal seperti pembentukan trend. We are smart traders not smart gamblers. Dalam menentukan keputusan beli / jual dilakukan berdasar konfirmasi grafik. Kita tidak melakukan keputusan beli saham hanya berdasarkan duga-duga atau kira-kira atau malah perasaan. Kita tidak membeli saham hanya karena “oh .. kayaknya saham ini udah murah nih karena sudah turun banyak”. Hmm 

Sebuah saham yang mengalami tekanan jual / turun terus, bisa saja jadi turun dan turun terus. Sebuah saham yang mengalami trend turun, pesimisme lebih besar daripada optimisme. Namun ketika sebuah saham yang mengalami trend harga naik, didahului kenaikan harga, optimisme lebih besar. Membeli saham ketika trend naik, berarti kita sedang membeli “market’s confidence” ! Tapi, terkadang banyak juga orang yang tidak puas membeli saham yang sudah naik (padahal bisa naik lebih jauh lagi) ternyata karena faktor tamak :) Kunci sukses trading tidak hanya terletak pada harga masuknya tapi harga keluarnya. Mau beli ketika market bottom atau market di atas, yang terpenting adalah seberapa profit yang bisa dihasilkan(harga keluarnya). Follow the trend until its end. That simple. And do it.

Disadur dari Kultwit tentang Tips Saham - Follow The Trend oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/70790
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 12:10 AM
image Comments
image 0 Comments

0 comments:

 
Kembali ke atas