-->

Investasi Emas di ECMC dan VGMC, Sekedar Rumor atau Fakta?

ECMC VGCM
Banyak sekali yang bertanya tentang ECMC dan VGMC. Sebagian besar dari kita pernah tahu/dengar tentang investasi ini? ECMC memiliki skema yang nampak mirip dengan VGMC yaitu berinvestasi emas dengan satuan lot dan mendapat deviden tiap bulan. Yang menjadi pertanyaan banyak orang, apakah ini jenis investasi yang bagus atau hanya sekedar scam? Pada awalnya saya tidak berani mengatakan jenis investasi tersebut scam atau bukan, sebelum ada informasi yang mendukung. Namun melihat pemberitaan tentang ECMC "ECMC Masuk Radar Satgas Investasi" , sudah selayaknya kita waspada. Dalam pemberitaan Majalah Kontan tersebut dikatakan bahwa ECMC menawarkan Convertible Preferred Stocks (CPS) atau saham preferens. Saham preferens merupakan jenis kepemilikan saham dengan pembagian deviden tetap dalam periode tertentu. Investor harus membeli CPS ECMC minimum 600 saham dan maksimal 250.200 saham dan akan mendapat deviden tiap bulan. Banyak orang yang tertarik membeli saham preferens karena mereka menganggap dapat sebuah “kepastian” imbal hasil. Bahkan, walaupun perusahaan untung atau rugi, investor akan memperoleh deviden yang tetap, jika membeli saham preferens. Di antara emiten yang listing di Bursa Efek Indonesia ada beberapa yang menerbitkan saham preferen antara lain MYRX-P. Yang perlu diwaspadai dari penerbitan saham preferens ini adalah, biasanya perusahaan sangat “butuh duit”.

Investor tertarik membeli saham preferens karena dianggap ada kepastian imbal hasil dan rendah resiko. Benarkah demikian? Nah kembali lagi ke ECMC. Apa yang menarik dari saham preferen ECMC ? Tidak lain adalah devidennya yang sangat besar! Setiap investasi 1 lot emas di ECMC (5 juta), investor dijanjikan mendapat dividen 1 gram emas per bulan, setara 10% dari investasi awal! Nah dividen yang cukup besar itu baru bisa diambil kalau sudah invest 10 lot emas. Demikian kata sebuah sumber di Kontan. Hmm bayangkan saja, jika sebulan 10%, maka setahun 120% melebihi kinerja reksadana yang paling top! CPS ini bisa ditukarkan dengan saham biasa ECMC, jika perusahaan memutuskan untuk go public. Tapi kapan ya ? ECMC Ltd. mengaku akan melakukan IPO pada 2014. Namun tidak ada seorang pun yang tahu kebenaran janjinya. Skema investasi tersebut juga berubah-ubah, banyak investor yang tidak mendapat dividen beberapa bulan terakhir. Selain itu, investor mengaku kesulitan untuk unsubscribe dan mencairkan dananya. Hmm.. jika begini, bisakah dibilang rendah resiko?

PT East Cape Mining Corporation (ECMC) Indonesia telah masuk radar pengawasan Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi. Menurut Kepala Satgas Waspada Investasi dan Bapepam-LK, ECMC Indonesia sudah dipantau sejak tahun lalu karena adanya pengaduan. Keluhan yang banyak terjadi adalah berubah-ubahnya skema dan deviden yang tidak dibayarkan. Skema yang tidak jelas, member get member dan mengharuskan nasabah untuk top up di "www.gb-goldtrade.com" membuat kita bertanya-tanya. Apakah ECMC merupakan money game / scam dan merupakan bentuk investasi bodong? Hmm… silakan Anda simpulkan sendiri. 

Jika memang ingin mendapat dividen secara rutin dari berinvestasi saham, sebaiknya berinvestasilah pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI. Investasi saham dengan tujuan untuk mendapat dividen disebut dengan income investing.

Disadur dari Kultwit tentang Investasi Emas ECMC dan VGMC oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/21318
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 9:27 PM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas