-->

Long Term Trading dan Short Term Trading, Mana Yang Terbaik?

long term & short term trading
Antara long term trading (trading jangka panjang) dan short term trading (trading jangka pendek), manakah yang lebih baik? Seperti yang kita tahu, pada umumnya para trader lebih suka melakukan trading harian (short term trading) untuk mengambil beberapa pips saja dan melakukannya beberapa kali dalam 1 hari. Namun apa yang menjadi kesulitan kita adalah mencoba untuk bisa konsisten meraih profit yang kita inginkan. Kesabaran dalam mengambil 20 – 30 pips setiap harinya dan mengulanginya secara terus menerus membuat kita bosan. Dan pada akhirnya melakukan kesalahan yang berujung pada floating loss besar. 

Sebenarnya jika kita bisa secara konsisten melakukan hal tersebut, yaitu dengan cara menentukan target profit harian kita, maka kita akan bisa mengontrol cara trading kita dan profit kita tentunya. Apabila terjadi suatu trend yang panjang (long term), namun dalam selang waktu short term memang sering kali kita merasa ragu apakah ini benar-benar bisa diandalkan. Dan kita tak akan pernah tahu kapan waktunya suatu trend akan berbalik dan hal ini tentunya akan sangat beresiko untuk semua profit yang telah kita kumpulkan. Sangat sedikit trader yang bermain secara long term dan mungkin inilah alasannya.

Long term trading membutuhkan pengetahuan fundamental ekonomi yang sangat rumit. Fundamental ekonomi membutuhkan waktu yang sangat lama untuk digali. Mengetahui fundamental ekonomi adalah satu langkah maju, namun mengaplikasikannya dalam trading adalah persoalan lain yang mungkin bikin kita menjadi bingung. Long term trading biasanya membutuhkan aksi yang lebih sedikit karena momen atau trend yang besar tidak setiap hari terjadi. Tipe trading seperti ini tidak cocok bagi tipe trader yang hanya mengandalkan keberuntungan belaka. Jika kita pikir kembali, long term trader sebenarnya lebih punya kesempatan mencetak profit daripada short term trader.

Namun apapun alasannya, kita bisa meraih profit baik dari short term trading maupun dari long term trading, asalkan kita punya dasar pengetahuan untuk melakukan analisa baik secara teknikal maupun fundamental. Antara kedua sistem trading tersebut, mana yang lebih baik? tentunya ini sangat tergantung dengan gaya kita masing-masing. Yang jelas, pilihlah strategi trading kita dan lakukan secara konsisten untuk meraih profit dalam trading. Evaluasi sistem trading yang kita gunakan, dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan trading kita.

Disadur dari Kultwit tentang Long Term Trading dan Short Term Trading oleh Erliyani
Twitter account: @BersemiZA
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/20817
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 12:44 PM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas