-->

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Keuangan Kita

kondisi keuangan
Mengetahui kondisi kesehatan keuangan pribadi sejak dini sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan kita. Ketahuilah kondisi keuangan kita!!! Untuk mengetahui kesehatan keuangan kita adalah dengan cara melakukan cek terhadap semua aset yang kita miliki, besarnya hutang, dan arus keuangan kita (cash flow), apakah sehat atau tidak?

Jika ternyata ada yang tidak sehat, perlu kita rinci dibagian manakah yang tidak sehat tersebut. Setelah kita melakukan cek dan ternyata kita tidak punya hutang, cash flow setiap bulannya positif, apakah kita yakin bahwa kondisi keuangan kita sehat? Belum tentu.

Bagaimana kondisi keuangan kita, bisa kita lihat dari sisi likuiditas. Apakah kurang likuid? Atau terlalu likuid? Jika ternyata kurang likuid, hal ini sangat berbahaya jika nantinya terjadi keadaan darurat dan kita butuh dana dengan segera, apakah mungkin kita mau jual rumah? Mana sempat! Terlalu likuid juga berbahaya. Kita sadar nggak ya, jika ternyata uang kita di"curi" sama yang namanya inflasi? Hati-hati! Kalau kita punya hutang, bisa di-cek sebenernya kita memiliki total hutang yang masih dalam batas aman atau tidak, sanggup bayar atau tidak?

Apakah kita sudah bisa menabung atau investasi? Berapa banyakkah yang kita tabung atau investasikan? Apakah kita yakin sudah cukup? Bisa di-cek juga. Dan masih banyak hal lain yang bisa kita tau tentang kondisi kesehatan keuangan kita. Penyakit di badan, semakin dini kita tahu, semakin mudah untuk ditangani bukan? Begitu juga dengan kondisi keuangan kita.

Bagaimana caranya kita tahu kondisi keuangan kita sehat atau tidak, kalau kita sendiri tidak pernah melakukan cek?  Lebih baik ketahuan tidak sehat di awal terus langsung dibenahi daripada baru di akhir ketahuan sakit parah kan? Banyak yang merasa sehat, tapi pas di-cek baru ketahuan ternyata kondisi keuangannya berdarah-darah, tentunya itu bukan yang kita harapkan bukan? Jangan tunggu sampai sakit parah baru mau berubah, cek sekarang juga! Sekali lagi, ketahuilah kondisi keuangan kita!!!

Disadur dari Kultwit tentang Pentingnya Mengetahui Kesehatan Keuangan Kita oleh Financial Insight
Twitter account: @FinInsightID
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/28713
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 1:44 AM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas