-->

Saham Apasaja Yang Dimiliki Warren Buffett?

warren buffett
Warren Buffett adalah sosok investor kelas dunia yang saat ini menduduki peringkat ke-3 sebagai orang terkaya di dunia. Banyak tulisan yang telah mengulas tentang Warren Buffett, dan telah banyak pula yang membicarakan bagaimana awal dari karir beliau di dunia investasi hingga pada akhirnya dia berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Melalui perusahaannya "Berkshire Hathaway", dia sangat sering membeli saham perusahaan besar yang dia percaya memiliki potensi bagus. Oleh karena itu banyak para investor lain yang mengikuti jejak Warren Buffett (ikut-ikutan beli saham) setiap kali beliau membeli saham sebuah perusahaan. Para investor tersebut berkeyakinan bahwa setiap saham yang dibeli oleh Warren Buffett, diprediksi akan memiliki kinerja yang baik. Nah, Warren Buffett sendiri setidaknya memiliki saham di 10 perusahaan besar. Meskipun saham yang dimilikinya bernilai minoritas, tapi kepemilikan investasi saham melalui perusahaan "Berkshire Hathaway" miliknya atas perusahaan-perusahaan tersebut  rata-rata diatas US$ 1,5 miliar. Saham apasaja yang dimiliki Warren Buffett di berbagai perusahaan besar? Berikut ini daftar 10 saham perusahaan yang dimiliki Warrent Buffet :

1. Wells Fargo (WFC)
Diperusahaan jasa keuangan berkode WFC ini, Warren Buffett menanamkan modalnya sebesar US$ 15,5 miliar. Jumlah saham yang dimiliki Buffet di perusahan ini mencapai 439.857.861 lembar saham atau setara 8,4 % dari total kepemilikan saham yang ada. Dan berita terakhir menginformasikan bahwa Warren Buffet telah menambah kepemilikan sahamnya di WFC mencapai 17.300.000 lembar saham atau naik 4 % dari total kepemilikan saham sebelumnya.

2. Coca-Cola (KO)
Modal yang telah diinvestasikan Warren Buffet di perusahaan ini mencapai  US$ 14,7 miliar di saham emiten minuman berkode KO ini. Dengan jumlah saham mencapai 400.000.000 lembar saham atau setara 9 % dari total kepemilikan saham yang ada.

3. Int'l Business Machines (IBM)
Kepemilihan saham Warren Buffet di perusahaan teknologi berkode IBM ini, mencapai 68.115.484 lembar saham atau setara 6 % dari total kepemilikan saham yang ada. Dengan total modal yang diinvestasikan mencapai US$ 13,6 miliar. Data terakhir, Buffet telah menambah kepemilikan sahamnya di IBM sebesar 597.588 lembar saham atau naik 1% dari kepemilikan sebelumnya.

4. American Express (AXP)
Dengan dana yang di investasikan mencapai US$ 9,5 miliar, Warren Buffett setidaknya memiliki 151.610.700 lembar saham atau setara 13,6 % dari total kepemilikan saham yang ada di emiten jasa keuangan berkode AXP ini.

5. Procter & Gamble (PG)
Buffet sedikitnya menginvestasikan US$ 4,1 miliar di saham emiten berkode PG ini. Jumlah saham yang dimiliki Warren Buffet mencapai 52.793.078 lembar saham atau setara 1,9 % dari total kepemilikan saham yang ada.

6. Wal-Mart Stores (WMT)
Dengan nilai investasi mencapai US$ 3,4 miliar, Warren Buffet memiliki 47.501.182 lembar saham di perusahaan yang bergerak dalam penjualan retail berkode WMT ini. Saham yang dimiliki setara 1,4 % dari total kepemilikan saham yang ada. Dan dari informasi terakhir Warren Buffet telah mengurangi kepemilikan sahamnya di Wal-Mart dengan melepas sebesar 793.040 lembar saham atau berkurang 2% dari kepemilikan sebelumnya.

7. US Bancorp (USB)
Sebanyak 3,3% dari total saham perusahaan berkode USB ini, atau senilai 61.264.601 lembar saham, Warren Buffet telah menginvestasikan modalnya sebanyak US$ 2,1 miliar untuk memiliki saham tersebut.

8. Phillips 66 (PSX)
Warren Buffet melalui perusahaan yang dimilikinya "Berkshire Hathaway" menginvestasikan US$ 1,8 miliar di saham perusahaan elektronik berkode PSX ini. Laporan terakhir, jumlah saham yang dimiliki oleh Buffet mencapai 27.163.918 lembar saham atau setara 4,3% dari total kepemilikan saham yang ada.

9. DirecTV (DTV)
Melalui Berkshire Hathaway, Warren Buffet menginvestasikan US$ 1,7 miliar di saham emiten berkode DTV ini. Adapun jumlah saham yang dimiliki mencapai 34.037.500 lembar saham atau setara 5,6% dari total kepemilikan saham yang ada DirecTV. Dari informasi terbaru, Warren Buffett telah menambah 15% dari total saham yang telah dimiliki dengan membeli sebanyak 4.500.000 lembar saham lagi.

10. DaVita (DVA)
Per 5 Februari 2013 sebanyak 14.049.909 lembar saham dimiliki oleh Warren Buffet di perusahaan berkode DVA ini. Dengan kata lain, dia telah membeli sebanyak 14,7% dari total kepemilikan saham yang ada di DaVita. Total investasi yang dilakukan oleh Buffett di perusahaan ini mencapai US$ 1,67 miliar.

Sumber : DetikFinance
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 2:09 PM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas