-->

Tips Dan Ilmu Bisnis Ciputra Untuk Pemula

tips bisnis ciputra
Pak Ci, begitu panggilan akrabnya terkenal sebagai pebisnis yang tak pelit membagi ilmunya. Di usianya yang ke-81 tahun, Ciputra masih sibuk memberikan motivasi dan mentor para pewirausaha pemula. “Tahukah Anda, saat ini hanya sekitar 1% dari penduduk Indonesia yg jadi wirausahawan. Padahal kita perlu banyak untuk itu”, Ciputra. Menurut Pak Ci, menjadi pebisnis pemula bisa dimulai sejak di bangku Taman Kanak-Kanak (TK). Bagaimana caranya? Ciputra mencontohkan saat masuk ke pusat perbelanjaan, anak-anak jangan hanya diajak untuk membeli barang. Lalu bagaimana? tapi juga jelaskan cara membuat barang apa saja yang diinginkannya tersebut, tidak hanya membeli. Misalnya saat anak minta kue, anak juga harus dijelaskan pemahaman tentang membuat kue tersebut. Secara perlahan, anak-anak bisa dijelaskan tentang manajemen keuangan hingga urusan menabung. Bila anak merengek meminta sesuatu, jangan langsung dituruti. Buatlah si anak menjadi kreatif. Si anak harus bisa membuat kue itu sendiri sepulangnya dari pusat perbelanjaan. Tips bisnis Ciputra tersebut bisa kita ajarkan ke anak-anak kita sejak dini. 

Agak dewasa, si anak bisa diajarkan berjualan. Usahakan barang-barang tersebut gampang dibawa si anak atau diminati si anak. Bahkan bila ada fasilitas, si anak bisa diperkenalkan dengan bisnis online yang cukup mewabah saat ini. "Anak saya dulu saya suruh untuk jualan kue di pinggir jalan. ", demikian kata Pak Ci. Jika kue dibeli 2 biji, diberi diskon, begitu juga saat membeli 3, diskonnya ditambah lagi. Demikian cara Ciputra mendidik anaknya

Bila sudah lebih dewasa lagi, anjurkan untuk membuat 100 daftar tentang bisnis apa saja yang akan dilakukan. Kemudian setelah dianalisa, maka bisa diseleksi hingga mengerucut menjadi 10 hingga 3 bisnis utama yang sesuai. Selain itu, bisa mencari mentor bisnis yang sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan. Dengan mentor itu, maka calon wirausaha bisa dengan secara jelas menerima arahan bahkan kritikan dari mentor. Yang lebih penting lagi adalah inovasi. "Bisnis apapun intinya sama saja,jualan. Tapi yang membedakan adalah inovasi." – Ciputra. "Bila ditiru, bikin inovasi lagi. Bikin blue ocean strategy, bukan red ocean strategy." – Ciputra. Bila sudah mulai terlihat usahanya, maka hal yang berikutnya diperhatikan adalah modal usaha.

Namun bagi Ciputra, modal usaha bukanlah hal yang terpenting. Kita bisa memulai bisnis tanpa modal. "Saya dulu memulai usaha dengan modal dengkul, alias tanpa modal. Yang penting bisa baca peluang dan inovasi” – Ciputra. Setelah bisnis mulai berjalan, biasanya calon pebisnis ini ada ketakutan terhadap bisnisnya yang gagal. Itu wajar. Tapi menurut Ciputra, justru lewat masa naik turun itulah, mental seorang calon wirausaha dilatih. 

Menjadi seorang wirausaha, harus siap rugi. Namun bisnis tersebut jangan dipersiapkan untuk merugi. Ciputra menganggap, sekolah di Indonesia kebanyakan mengajarkan teori semata. Kurang praktek. Lho ? Untuk bisa bangkit dari keterpurukan, Indonesia harus memperbanyak jumlah pewirausaha sekaligus merombak kurikulum pendidikan. "Sekolah di Indonesia itu kebanyakan teori, kebanyakan menghafal. Padahal Indonesia butuh orang kreatif" kata Ciputra. Agar pandai berenang, maka calon perenang harus diajarkan berenang langsung di kolam, bukan hanya teori saja. Begitu juga saat belajar naik sepeda motor, maka harus belajar langsung mengendarai sepeda motor. 

Untuk mengubah citra pendidikan tersebut, Ciputra menginginkan ada penambahan mata pelajaran / mata kuliah tentang wirausaha. Kita dapat mulai mendidik anak-anak untuk praktek wirausaha sejak dini jika di sekolah belum disediakan. Jangan malu. ketika anak kita belajar berdagang, menjual pernak pernik dan sebagainya. Kebanyakan anak jaman sekarang bersikap konsumtif dan menerima segala sesuatu secara instan. Penting untuk mendidik anak, mengalami proses wirausaha sejak dini, supaya siap mental ketika dewasa. Nah demikian ilmu bisnis ala Ciputra, semoga dapat menginspirasi kita semua. Selain mengajarkan anak berwira usaha sejaak kecil, ajarkan pula ilmu investasi, pengertian hutang dan lain-lain.

Disadur dari Kultwit tentang Tips Dan Ilmu Bisnis Ciputra Untuk Pemula oleh Ellen May
Twitter account: @pakarsaham
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/58911
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 1:50 PM
image Comments
image 0 Comments

 
Kembali ke atas