-->

Mengenal Apa Itu Saham Defensif

saham defensif
Ada yang tahu apa yang dimaksud dengan saham defensif? Sebenarnya apa sih saham defensif itu? Saham defensif adalah saham dari perusahaan yang kinerjanya hampir tidak terpengaruh dengan kondisi perekonomian dunia maupun nasional. Saham ini juga sering disebut dengan saham non-siklikal, karena memang tidak terpengaruh dengan siklus ekonimi. Pokoknya tahan banting lah. Kok bisa begitu? Karena perusahaan saham defensif umumnya bergerak pada bidang kebutuhan primer dan sekunder. Makanan dan pakaian misalnya. Kebutuhan primer memang selalu dibutuhkan konsumen setiap hari. Makanya permintaan akan terus ada walaupun perekonomian sedang bergejolak.

Nah, Kira-kira saham apa saja yang termasuk dalam saham defensif? Yang jelas beberapa saham dari sektor konsumsi, jasa, properti, dan medikal. Contoh yang bisa diambil dari beberapa sektor tersebut misalnya: UNVR, GGRM, JSMR, KLBF, KAEF, SMGR, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui juga, sebenarnya saham defensif ini tidak terlalu berfluktuasi tinggi. Makanya kurang cocok apabila kita jadikan sebagai alat investasi jangka pendek. Makanya ciri utama dari saham defensif ini umumnya punya beta kurang dari 1. Serta PER yang cukup rendah dibanding saham siklikal yang lain. Mungkin ada yang bertanya, kenapa salah satu saham defensif UNVR, bisa jadi top mover IHSG hari ini padahal katanya kan fluktuasinya rendah? Hal ini karena pelaku pasar mulai sadar kondisi perekonomian kita yang lagi hot isu kenaikan BBM. Makanya pada beralih ke saham defensif. Oh iya, selain itu saham defensif juga cocok dikoleksi saat adanya isu "Sell on May", "Bloody May", atau apalah itu yang serba bulan Mei.

Walaupun fluktuasinya cukup rendah tapi saham defensif ini sangat cocok untuk investasi long term (investasi jangka panjang). So, don't be hesitate! Kali aja ada yang tujuan investasinya buat modal nikah dua tahun kedepan. Nah, beli saja saham defensif. Mudah-mudahan aman dan target profitnya tercapai! Tapi jangan asal sih, tergantung perusahaannya juga. Kalo menurut kami saham defensif yang terbaik itu UNVR, soalnya sudah mature bisnisnya. Selamat berburu saham-saham defensif :)

Disadur dari Kultwit tentang Mengenal Apa Itu Saham Defensif oleh Pasar Modal UII
Twitter account: @KSPM_FEUII
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/72987
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 6:05 AM
image Comments
image 0 Comments

0 comments:

 
Kembali ke atas