-->

Cara Membuat Trading Plan Saham

trading plan saham
Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan trading plan itu? Kenapa investor dan trader harus punya trading plan sendiri? Trading plan adalah wujud adanya sistem dalam bisnis trading yang mengatur aktivitas trading supaya lebih efektif dan meminimalkan resiko. Kebanyakan trader sering bertransaksi berdasar feeling atau berita yang beredar tanpa analisa. Hal ini cenderung mengarah ke judi. Seperti halnya bisnis yang lain makanya dalam trading juga diperlukan perencanaan agar jauh dari kesan spekulasi. Dengan trading plan, trader akan lebih terbantu untuk menentukan risk/reward yang diinginkan serta mengurangi emosi saat trading.

Terus bagaimana cara membuat trading plan saham yang sesuai dengan karakter kita bertransaksi? Berikut ini beberapa hal yang dapat kita lakukan :
1. Tentukan kapan kita masuk pasar
Dalam hal ini, time frame yang kita pakai apakah daily, weekly, atau bahkan sebulan sekali. Sesuaikan sama waktu senggang yang kita miliki. 

2. Tentukan batas profit maksimal (menentukan T/P)
Kita tentukan berapa target profit maksimal yang ingin kita dapatkan. Jangan lupa untuk memikirkan tingkat resiko atau batas cut loss. Nah, batas take profit/stop loss ini berbeda sesuai dengan waktu trading kita. Idealnya untuk TP/SL adalah 1:3. Maksudnya setiap TP 100 rupiah, dibatasi dengan memkai SL 300 rupiah. Tapi ini tidak mutlak harus menggunakan patokan segitu, terserah setiap trader. Yang terpenting kita harus ada TP/SL.

3. Tentukan waktu entry/exit pasar
Setelah menentukan TP/SL, selanjutnya trader harus punya sistem kapan untuk entry beli saham dan exit untuk menjual saham yang dimiliki. Cara menentukan entry/exit ini bisa dengan support (batas bawah) dan resisten (batas atas) pada analisa teknikal. Cara menentukan suport dan resisten ini ada banyak. Bisa dengan indikator Moving Average, Bollinger Band, Pivot Points, atau kombinasinya. Nah, bagian ini lah yang kudu agak mikir. Tapi inget, kalau sudah punya strateginya jangan sekali-kali pakai strategi lain. Ini penting! Kenapa disarankan untuk menggunakan satu strategi saja? Karena setiap strategi punya karakter sendiri. Nanti hasil analisanya bisa berbeda. 

4. Patuhi trading plan kita
Yang terpenting dari trading plan adalah bagaimana cara kita mematuhinya. Jadi, sebisa mungkin jangan keluar dari trading plan. INGAT! Keluar dari trading plan berarti sama saja kita tidak punya aturan dalam berbisnis. Waspadalah, waspadalah! 

Disadur dari Kultwit tentang Cara Membuat Trading Plan Saham oleh Pasar Modal UII
Twitter account: @KSPM_FEUII
Untuk selengkapnya bisa dilihat disini : http://chirpstory.com/li/78079
Posted by: Ilham DC
Ilmu Investasi Updated at: 10:39 PM
image Comments
image 0 Comments

0 comments:

 
Kembali ke atas